Dari
berbagai pengalaman penulis baik dimasa pendidikan maupun bacaan dari berbagai
disiplin ilmu pendidikan, unsur yang berperan dalam pendidikan itu diantaranya
sebagai berikut:
- Peserta didik : orang yang menerima pendidikan (anak didik, murid/siswa/mahasiswa, dari bayi/anak-anak sampai orang dewasa dll)
- Pendidik : orang yang memberikan pendidikan, semua orang bisa menjadi pendidik tidak pandang jenis kelamin, usia ataupun yang lain (teman, orang tua, guru dll)
- Materi pendidikan: perihal yang diberikan/dididikan untuk dimengerti dan dipelajari serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dari pendidik kepada peserta didik (berbagai disiplin Ilmu, cara, perilaku dll).
- Tempat pendidikan : lokasi terjadinya proses pendidikan/ lingkungan pendidikan (dalam keluarga, masyarakat, sekolah, atau linkungan pendidikan yang lain baik formal atau non formal).
- Tehnik pendidikan : merupakan cara penyampaian materi kepada peserta didik
- Waktu pendidikan : dalam hal ini dapat diartikan sebagai “Kapan terjadinya proses pendidikan tersebut” atau”berapa lama proses pendidikan tersebut berlangsung.
- Pendukung pendidikan : merupa unsur yang membantu/mempermudah/memperjelas dan memperlancar ataupun menentukan keberhasilan pendidikan.
- Kesesuaian : kesesuaian mengnyangkut dari ke enam unsur diatas (kesesuaian peserta didik terhadap pendidik, materi pendidikan, tempat pendidikan ataupun waktu pendidikannya, juga sebaliknya kesesuaian dari kelima unsur-unsur tersebut.
Mungkin
itu yang dapat dipahami oleh penulis, adapun ulasannya di halaman berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar