Senin, 11 Februari 2013

Unsur Pendidikan Mempengarui Pendidikan


Pesrta didik merupakan unsur yang utama, karena tanpa ada unsur yang lain pendidikan bisa berlangsung bahkan berhasil, Contoh seorang anak memperhatikan seseorang membuat layang-layang dan setelah itu sang anak mencoba membuatnya sesuai yang dilihatnya tadi ternyata berhasil. Dikatakan utama sebab menentukan berhasil tidaknya suatu proses pendidikan dan menentukan ke enam unsur yang lain. Sebagai contoh anak yang ediot maka menentukan pendidik harus mengerti akan pendidikannya dan materinya pun tidak akan sama dengan anak yang normal, begitu pula tempat, waktu, tehnik harus disesuaikan.
Dalam singkat kata peserta didik hanya dengan melihat, memperhatikan dan mendengar sesuatu atau proses, proses pendidikan akan berlangsung dengan baik.
            Pendidik merupakan unsur paling penting walaupun tanpa pendidik, pendidikan dapat berlangsung, tetapi dengan adanya pendidik proses pendidikan akan lebih mendukung membantu/mempermudah/memperjelas dan memperlancar ataupun menentukan keberhasilan pendidikan. Tetapi pendidik juga bisa menghambat bahkan mempengarui, maka diperlukan kesesuaian. Inilah yang penting dan perlu diperhatikan bagi para pendidik, terutama orang tua (karena waktu terlama proses pendidikan adalah keluarga), ini merupakan pengaruh paling besar, tetapi guru dan yang lainnya juga memiliki pengaruh yang tak kalah pentingnya.
            Materi pendidikan, Tempat pendidikan, Tehnik pendidikan, Waktu pendidikan dan Pendukung pendidikan hanya merupakan unsur penunjang. Walau dimikian unsur-unsur tersebut perlu diperhatikan dengan unsur kesesuaian, jadi peserta didik ataupun pendidik harus menyesuaikan unsur-unsur tersebut agar pendidikan dapat berjalan dengan lancar, lebih jelas, lebih baik, tidak terpengaruhi dan berhasil dengan maksimal. Adapun yang perlu penulis soroti adalah tempat pendidikan, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, saat ini hal tersebut terlihat sangat mempengaruhi pendidikan dan yang paling banyak adalah pengaruh negative.

 

Tidak ada komentar: