Selasa, 12 Februari 2013

SARAN PENULIS UNTUK KEBERHASILAN PENDIDIKAN







            Pada ulasan yang lalu Pesrta didik merupakan unsur yang utama dalam pendidikan,  Oleh karena itu Peserta didik harus punya kemauan dan bisa berkreatif menemukan jalan agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik dan berhasil. diantaranya peserta didik harus dalam satu situasi baik penglihatan, pendengaran dan pikiran, sebagai contoh anak yang melihat, mendengar atau terlihat memperhatikan belum tentu proses pendidikan akan berlangsung sebab belum tentu pikirannya focus pada yang di perhatikan atau mungkin pikirannya membayangkan/mengingat yang lain (Ibu tadi masak sambal eeeenak). Selain itu peserta didik harus mampu menelaah mana yang benar dan yang salah serta menentukan mana yang diikuti/diteruskan dipelajari dan mana yang tidak, serta mampu membentengi diri agar tidak terpengaruh oleh hal yang negative.
            Dari ulasan di atas jelas peran pendidik sangatlah penting terutama orang tua, yaitu mulai dari pembentukan kemampuan anak dengan memberi asupan makanan yang seimbang dan memberi motifasi serta bimbingan kepribadian/iman agar punya kemauan dan semangat yang tinggi serta berjiwa teguh tidak terpengaruh hal-hal yang negative. Penulis katakan “terutama orang tua” karena penulis alami sendiri, sebelum sekolah penulis sudah bisa baca tulis dan berhitung bahkan computer, hal tersebut bukan dari guru tetapi dari orang tua. Nah maka ulasan ini memberikan penekanan pada orang tua.
Yang perlu diperhatikan lagi adalah lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat, lingkungan ini harus diusahakan betul-betul memfasilitasi, membimbing, mendidik, mendukung, mengayomi, dalam arti tidak menghambat dan tidak mempengarui pada hal yang bertentangan dengan pendidikan., dan apabila sulit untuk diciptakan seperti itu maka, peserta didiklah yang harus membentengi diri dengan iman atau menjauh (mengusahakan agar tidak terpengaruh negative). Dalam hal ini maka, pendidik terutama orang tua berperan penting dalam membentuk membimbing dan mendidik peserta didik agar beriman teguh, dengan cara memberikan asupan gizi dan bimbingan serta pendidikan kepribadian, atau menciptakan dan menyediakan fasilitas lingkungan keluarga yang kondusif, mendukung, nyaman dan terbimbing, sehingga anggota keluarga merasa krasan, nyaman dan selalu ingin dirumah. Dengan demikian segala perilaku dan aktifitas dapat termonitoring antar anggota keluarga dan selalu bisa membimbing.
Demikian saran penulis, sekali lagi dari ulasan tersebut pendidik terutama orang tua yang berperan penting dalam pembentukan individual baik dalam memberi asupan gizi pembentukan kepribadian anak untuk membentengi diri dari hal-hal negatif, ataupun menciptakan lingkungan yang kondosif baik keluarga maupun masyarakat. (jangan bosan-bosan memberikan gizi yang seimbang serta bimbingan pada anak kita, itu penting untuk masa depan anak kita dan kita sendiri serta tanpa sengaja juga akan mempengarui bangsa ini)

Tidak ada komentar: