Sabtu, 09 Maret 2013

TEHNIK MENCANGKOK


Dalam lamn sebelumnya penulis telah menampilakn gambar-gambar buah-buahan hasil cangkokan, sebagai dasar perbandingan tehnik mencangkok yang penulis sarankan. Sebagaimana pula penulis sarankan sebelumnya, bahwa isi blok ini berdasarkan teori praktek nyata, jadi mungkin hanya ada sedikit perbedaan dengan teori cangkok yang diketahui oleh pembaca.
Adapun tehnik mencangkok tersebut sebagai berikut:
1.      Siapkan alat dan bahan (pisau;gergaji; sabut/sepet atau botol plastic bekas sesuai ukuran; tanah humus; zat penumbuh akar (rotune, daun muda dari pohon yang akan ditanam dihaluskan atau yang lain).
2.      Pilihlah pohon yang varitas unggul, cari batang yang sudah keras/tua, karena ini akan mempengarui hasil cangkokan.
3.      Sayat kulit batang sekitar 7cm atau sesuai kebutuhan/ukuran batang, hingga dibawah lendir/cambium biarkan kering (kekeringan sayatan ini disesuaikan dengan jeni/usia batang, dari hasil praktek gedondong kekeringan tidak memerlukan waktu lama hanya sekitar satu hari penuh, bila terlalu lama akan layu dan mati. Sedang jenis batang keras seperti sawo, klengkeng, rambutan, mangga dan sejenisnya ini butuh waktu lama sekitar 1 minggu sampai 1 bulan). Sayatan ini bertujuan memutus hasil fotosintesis ke batang yang lain, sedang zat makanan dai akar tetap berlangsung lewat kayu (hal ini perlu di pertimbangkan dalam menyayat dan menentukan kekeringan dari sayatan tersebut)
4.      Setelah pereode waktu pengeringan sayatan oleskan zat penumbuh akar (rotune/serbuk daun muda yang telah sedikitdicampur air) pada sayatan terutama bagian ujung/atas (bagian yang akan tumbuh akar), biarkan sedikit mengering sekitar 60 menit.
5.      Pasang pembungkus (sabut kelapa/sepet atau botol plastic bekas) ikat bagian bawah (dibawahnya sayatan) tempelkan tanah humus sampai penuh diseluruh sayatan, tahan pembungkus bagian tengah (pas sayatan) tekan tanah humus tadi sepadat mungkin, tambahkan zat penumbuh akar (rotune/serbuk daun muda diatas tanah humus paling atas, dengan tujuan bila terkena air akan meresap dalam tanah cangkokan, bungkus/ikat bagian atas. Usahakan cangkokan selalu sedikit basah, terutama waktu kemarau, dengan jangka waktu paling pendek 3 bulan atau lebih, agar akar semakin banyak semakin baik.
6.      Sekilas gambaran proses mencangkok dari sayatan, pembungkusan dan pertumbuhan akar.

Tidak ada komentar: